Naniura: Kuliner Tanah Batak

Menu khas ikan mentah dari Tanah Batak. Bergetar lantaran aneka rempah.


Naniura adalah salahsatu versi ikan segar yang dimakan mentah di dunia. Menu ini hanya dikenal orang Batak (Toba). Resepnya relatif sederhana: ikan mas (Cyprinus) yang hidup dibelah dan dilepas tulangnya sehingga menjadi semacam fillet

Daging ini lalu dituang ramuan rempah berbahan dasar asam/cuka. Daging ikan segar ini tak dimasak, hanya didiamkan beberapa saat untuk membiarkan ramuan rempah tadi meresap. 

Sederhana tampaknya. Justru yang “kaya” adalah rempah yang dipakai: selain andaliman (Zanthoxylum acanthopodium), kemiri (Aleurites moluccanus), ketumbar (Coriandrum sativum), serai (Cymbopogon citratus) dan asam gelugur atau kala (Garcinia atroviridis), ditambahkan juga kecombrang (Etlingera elatior) dan air asam dari cuka atau jeruk limau. 

Semua rempah ini adalah kekayaan dataran tinggi Toba yang memang tak mudah diperoleh secara bersama-sama di tempat lain. Cara memakannya? Siap-siap menikmatinya dengan nasi dalam porsi besar, oleh karena rasa asam dan getar akan merangsang mulut dan lidah kita secara maksimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arca Ganesha di Karangkates: Pertarungan Kebijakan Pengetahuan dan Keliaran Manusia

Solo Valleiwerken: Mega Proyek Zaman Hindia Belanda

Antonio Mario Blanco dan Ni Ronji